Headlines News :
Home » , » PNPM-MPd Gotong Royong Rek

PNPM-MPd Gotong Royong Rek

Written By Unknown on Monday, January 27, 2014 | 13:25

Pada tahun anggaran 2013  setiap desa di kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan  dalam program PNPM – MPd  khususnya dari tahun-tahun sebelumnya  telah di sosialisasikan lewat tahapan yang ada baik di tingkat kecamatan maupun di tingkatan desa di pelaksanaan program PNPM – MPd tentang pelestarian yang ada  sejak awal program pemberdayaan yang telah mencapai satu dekade atau sepuluh tahun terakhir. 

Namun dari realita yang ada belumlah mampu kita memberikan hanya sekedar sosialisasi yang secara rutin dilakukan  terus menerus sekalipun tetapi hasil yang diperoleh tidaklah memuaskan sesuai dengan harapan yang kita rencanakan bahwa masyarakat akan memberikan kontribusi secara partisipatif dalam setiap kegiatan pelaksanaan program PNPM-MPd khususnya dalam partisipatif kegiatan pelestarian sehingga untuk lebih bisa memberikan kesadaran yang partisipatif  perlulah kita kiranya memberikan motivasi secara langsung  kepada pelaku –pelaku pemberdayaan di tingkat desa yaitu KPMD yang ada untuk secara langsung memberikan motivasi atau dorongan agar masyarakat bisa melihat bahwa pelaku desa khususnya KPMD dalam kegiatan pelestarian kegiatan agar dapat memberikan peningkatan kualitas kesadaran partisipatif kepada masyarakat demi kepentingan masyarakat  itu sendiri.

Sebagai Fasilitator Pemberdayaan Kecamatan Galis yang harus peka terhadap tujuan program PNPM-MPd  yang ingin meningkatkan kapasitas pelaku dan kesadaran kritis khususnya dalam peningkatan partisipatif masyarakat dalam kegiatan pemeliharaan prasarana yang telah dibangun oleh  program PNPM-Mpd di kecamatan Galis maka jalan salah satunya dengan kegiatan Rakor yang diselingi dengan kegiatan kerja bakti atau Gotong Royong sebelum melaksanakan Rakor KPMD.

Untuk menciptakan pelestarian yang berkesinambungan secara partisipatif maka untuk  bulan ini dan selanjutnya Fasilitator Kecamatan memotivasi KPMD dalam kegiatan Rakor KPMD di laksanakan di setiap desa secara bergiliran di kecamatan Galis yang desanya sebanyak sepuluh desa untuk melaksanakan Rakor dengan kegiatan pemeliharaan prasarana yang telah dibangun pada tahun-tahun sebelumnya sebelum acara Rakor KPMD sehingga kegiatan yang telah dibangun menjadi terpelihara oleh masyarakat yang dimulai dari pelaku-pelaku PNPM-MPd terlebih dahulu yang memberikan motivasi pemeliharaan yang partisipatif.

PNPM-MPd Gotong Royong RekDalam kegiatan yang dimaksud adalah kali ini pelaku-pelaku desa (KPMD) dalam rakor yang bertepatan dengan Rakor KPMD  di desa Konang dilakukan kegiatan pemeliharaan prasarana di lokasi  Jalan Lapen yang ada di dusun Konang Panyepen yang dibangun pada tahun anggaran 2009 . Jalan Lapen ini dibangun oleh PNPM-MPd dengan besarnya dana Rp. 139.825.600,-


Dari kegiatan Lapen tersebut sudah 3 ( Tiga ) tahun berjalan tapi Jalan tersebut relatif masih bagus sehingga hanya dibutuhkan pemeliharaan yang terkait dengan pembersihan bahu jalannya yang sudah dipenuhi rumput yang menghambat jalannya air apabila hujan sudah turun.

PNPM-MPd Gotong Royong Rek
Untuk pembersihan kali ini yang bertepatan dengan Rakor KPMD , Fasilitator Kecamatan yaitu Imam Suprapto Adi Santoso, SE mengajak semua  Pelaku KPMD untuk saling bahu membahu membersihkan bahu jalan yang penuh dengan rerumputan serta aliran air yang kurang lancar untuk dibersihkan agar jalan yang telah dibangun akan  dapat terus menerus  memberikan manfaat kepada masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan mereka.

Dari kegiatan tersebut juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di sekitarnya karena air hujan akan secara lancar mengalir ke selokan atau  drainase yang sudah ada sehingga tidak mengganggu dan merusak jalan yang sudah dibangun. Hal ini di utarakan oleh Bpk. Herman, masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kegiatan di sela-sela Rakor KPMD yang di tempatkan di Rumah Bpk. Herman  tersebut. Dari kegiatan tersebut pelaku KPMD perempuan yaitu Waqiatul Mabruroh dan KPMD laki-laki yaitu Moh. Tauhed  serta  masyarakat sekitar menanggapi secara positif dan kiranya dapat dilanjutkan untuk memberikan manfaat yang lebih luas lagi kepada masyarakat di desa Konang dan kecamatan Galis serta Kecamatan lainnya  di Kabupaten Pamekasan. (Imam Suprapto Adisantoro ).
Share this article :

1 komentar:

Unknown said...

Sippp....
Bravo PNPM

Post a Comment

 
Support : Download Makalah | Blog Falophi | Ikut Belajar Blog | Falophi.com | Wong Pakong Blog
Copyright © 2012. PNPM Kabupaten Pamekasan - All Rights Reserved
Template Modify by Wong Pademawu Blogs
Proudly powered by Blogger